Pasar (Market)

Pasar merupakan kegiatan ekonomi sebagai salah satu perwujudan adaptasi manusia terhadap lingkungannya. Hal ini didasari atau didorong oleh faktor perkembangan ekonomi yang awalnya hanya bersumber pada problem untuk memenuhi kebutuhan hidup (kebutuhan pokok). Menurut para ahli ekonomi mengemukakan bahwa pasar merupakan kumpulan pembeli dan penjual yang melakukan transaksi atas produk atau kelompok produk tertentu.

Perkembangan pasar di Indonesia semakin luas seiring dengan perkembangan ekonominya. Menurut klasifikasinya, saat ini pasar dapat dibedakan menjadi dua yaitu, pasar modern dan pasar tradisional. Akan tetapi, perkembangan pasar modern di Indonesia meningkat lebih pesat dibandingkan perkembangan pasar tradisionalnya. Pembangunan pasar modern yang berkembang pesat, dirasakan oleh banyak pihak berdampak terhadap eksistensi pasar tradisional dan para pelaku usaha sejenis disekitarnya.

Pertumbuhan industri di Batam mengakibatkan jumlah penduduk di Batam mengalami peningkatan. Peningkatan jumlah penduduk berdampak kepada permintaan fasilitas kota yang memadai untuk memenuhi kebutuhan penduduk kota Batam. Salah satu fasilitas tersebut adalah tersedianya pasar, sebagai tempat pemenuhan kebutuhan pokok seperti sandang dan pangan, dengan perkembangan sektor perdagangan di wilayah Kota Batam yang terus meningkat serta kontribusinya terhadap Produk Domestik Regional Bruto dari tahun ke tahun terus meningkat salah satunya ditopang banyak pasar yang tersedia di wilayah Kota Batam. Kondisi pasar di Kota Batam untuk jenis pasar umum maupun pasar khusus relatif tetap namun ada beberapa penambahan pada setiap tahunnya. Berikut kami sajikan dalam bentuk table data jumlah pasar  Kota Batam dari 2016-2020 :

Tahun

Jumlah Pasar

2016

41

2017

43

2018

42

2019

47

2020

53

Dapat disimpulkan dari analisis trend perkembangan pasar tradisional/umum di Kota Batam akan selalu stabil tahun yang akan datang. Dengan demikian pelaku usaha akan bisa terus berkembang sehingga produktifitas masyarakat Kota Batam juga akan bisa ditingkatkan sehingga mampu menggerakkan pertumbuhan perekonomian di wilayah Kota Batam.

Adapun pasar modern yang terdapat di Batam antara lain berbentuk supermarket, plaza, mall, dan minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok baik sandang maupun pangan. Selain itu pasar modern di Batam juga menyediakan barang-barang bermerek dari luar baik barang asli mauapun tiruan atau terkenal dengan sebutan “KW”. Sementara jenis pasar tradisional di Batam memiliki beberapa sebutan yaitu (1) pasar tradisional (pasar pada umumnya). Pasar ini biasanya menyediakan bahan pokok terutama bahan pangan. (2) Pasar seken merupakan pasar yang menyediakan barang-barang bekas dari luar negeri ( Malaysia dan Singapura) seperti barang-barang elektronik, pakaian, furniture, dan asesoris. Barang-barang ini meskipun seken tetapi merupakan barang yang bermerek. (3) Pasar kaget, pasar ini dinamakan pasar kaget karena pasar ini hadir sewaktu-waktu. Pasar kaget menjadi salah satu tren pasar di Batam. Pasar kaget muncul di sekitar komplek perumahan dengan jadwal tersendiri.